Uncategorized

[CH] Labuan Bajo – indahnya Indonesia

Perjalanan ke Labuan Bajo ini sudah direncanakan dari tahun lalu, tapi akhirnya baru terwujud di April 2017 ini. Saya ke Labuan Bajo dgn 2 orang teman Malaysia yang memiliki kecintaan yang sama akan laut. 2 tahun lalu perjalanan kami ke Derawan & Maratua sangat menyenangkan, makanya tiap tahun kami berjanji kalo bisa ngumpul dan pergi bareng.

Dimana itu Labuan Bajo ? Labuan Bajo adalah satu kota kecil di propinsi NTT. Ke Labuan bajo cukup mudah, apalagi sekarang ada penerbangan langsung Garuda dari Jakarta.

Tiba di Labuan Bajo, kami check in ke hotel LePirate, hotel kecil tapi bersih dan enak lokasinya. Lalu malamnya langsung makan seafood didekat pantai , seafoodnya fresh dan enak, harganya juga masih masuk akal.

Keesokan harinya, kami langsung naik kapal Amalia – dari Uber Scuba , istilahnya Live On Board. Ini pertama kalinya saya ikut naik kapal selama 3 malam, mengikuti teman teman saya yang diving. Kapalnya lumayan nyaman, cuma bagi yang tidak biasa, bisa mabok laut haha. Live On Board ini sebenarnya lebih ditujukan kepada orang orang yang mau diving, tapi untuk orang seperti saya yang tidak punya licence diving, banyak hal yang saya juga bisa lakukan, seperti snorkling, canoeing atau pedalling, membaca buku dikapal, tidur sepuasnya, makan sepuasnya, berjemur sepuasnya, dan lain lainnya. Tidur dikapal juga tidak parah parah banget kok, apalagi biasanya kapal bersandar di perairan yang tenang & didalam setiap kabin ada kipas angin kecil, dan ada jendela yang bisa dibuka sehingga angin bisa masuk. Bagi yang tidak mau tidur dikamar, bisa juga tidur dengan langit 1000 bintang, disediakan selimut dan ranjang kecil juga kalau mau tidur diluar.

Live on Board di Amalia tidak semata mata diving melulu kok. Waktu hari pertama, kami diajak ke pulau Rinca untuk melihat Komodo, satwa di Indonesia yang masuk dalam 7 keajaiban dunia. Ada juga dimalam ke 2, kami diajak ke pulau kecil dan barbeque sambil melihat matahari terbenam. Malam terakhir, kami kembali diajak ke pantai untuk snorkling atau main volley pantai, sayangnya lupa dengan masa surut air sehingga kami harus menggotong dan mendorong kapal kecil kami hingga ke laut yang cukup dalam hahha….

Setelah Live on Board, kami masih ada 2 hari di Labuan Bajo, kembali menginap di LePirates. 1 hari kami rencanakan untuk hopping island. Rencananya hopping island kali ini adalah ke Pulau Padar, Pink Beach dan Pulau Wayag. Jam 5 pagi kami sudah dijemput, naik kapal ke pulau Padar sekitar 2,5 jam, tidurrr duluuuu… Tiba di pulau Padar, kami diajak hiking sedikit, sekitar 30 menit… sambil naik mulai mikir, ntar gimana turunnya ya, karena banyak yang terpeleset juga waktu turun. Pemandangan ketika tiba diatas Pulau Padar, sangat amazingg……. terbayarlah hiking 30 menit, turunnya begimana pikirin ntar ajah haha….

Setelah pulau Padar, kami lanjut ke Pink Beach di Pulau Komodo, ramaiii sekali dengan orang2, agak malas juga snorkling, akhirnya cuma makan di pinggir pantai. Pink Beach ini kalo dilihat dengan mata sebenarnya lebih berwarna putih, tapi kalo air lautnya menyapu, baru kelihatan warna pinknya. Pink beach ini terlalu ramai, jadinya saya dan teman teman saya tidak terlalu menikmati

Rencananya habis dari Pink Beach, mau ke pulau Wayag utk snorkling, katanya lebih bersih dan bagus… Tapi… tour guide kami kakinya kena baling baling speedboat, kasian dia, kami memutuskan utk balik ke Labuan Bajo, supaya kakinya segera diobati dan kami juga sebenarnya cape karena hiking 30 menit itu hahaaa…. Untungnya lukanya cuma kena daging, tidak sampai kena tulang… Kembali ke Labuan Bajo, kami tutup dengan makan seafood lagi

Tahun depan kami berencana lagi untuk mengunjungi 1 tempat lagi di Indonesia yang tidak kalah cantiknya, Raja Ampat, semoga terwujud ya… 🙂

Indonesia is really beautiful , tidak kalah dengan negara negara lainnya… Jadi jangan jalan jalan melulu keluar negeri, sekali kali nikmati Indonesia yang tidak kalah cantiknya 🙂